Jumat, 01 Maret 2019

Senjata Tradisional Sulawesi Selatan, Badik Raja, Badik Lagecong, Badik Lawu, Badik Lompo

Senjata tradisional Sulawesi Selatan (Makassar) dan gambar serta keterangannya merupakan informasi penting yang harus diketahui semua warga negara Indonesia. Tidak peduli apapun agama, suku dan rasnya, semua warga Indonesia wajib tahun informasi senjata pusaka Sulsel ini.

Sejarah menyatakan ada banyak senjata khas tradisional Sulawesi Selatan yang digunakan berbagai macam keperluan. Apakah itu untuk keperluan alat masak sampai alat perang melawan musuh. Meski saat ini banyak senjata modern hadir, rasanya naif jika keberadaan senjata tradisonal dari Sulawesi Selatan diabaikan begitu saja oleh kita sebagai warga negara

 

Senjata Tradisional Sulawesi Selatan

Badik (dilafalkan badek) adalah senjata berupa sebuah pisau tajam dan runcing dengan pegangan yang melengkung. Bilah tajam digunakan untuk menikam, sementara ujung yang lancip digunakan untuk menusuk. Oleh karenanya senjata tradisional Sulawesi Selatan ini masuk dalam jenis senjata tikam tusuk.
Badik sebetulnya tidak hanya ditemukan dalam budaya masyarakat suku Bugis, melainkan juga dapat ditemukan dalam budaya suku Makassar dan Mandar. Bentuknya yang mungil dan ukurannya yang pendek membuat senjata ini kerap dibawa kemanapun oleh para pria ketika bepergian. Selain berfungsi untuk menjaga diri dari serangan musuh atau hewan buas, juga dapat memberikan rasa aman kepada mereka.
Senjata Tradisional Sulawesi Selatan
Berdasarkan bentuk dan asal daerahnya, Badik dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu badik raja, badik lagencong, badik luwu, dan badik lompo battang.
 

1. Senjata Tradisional Badik Raja

Yang pertama adalah Badik Raja. Terkenal sebagai senjata tradisional yang berasal dari daerah Kajuara kabupaten Bone. Senjata tradisional Sulsel ini memiliki ukuran agak besar dengan panjang antara 20 sd 25 cm.

Konon, masyarakat sekitar percaya jika Badik dengan nama lain Gencong Raja atau Bontoala ini dibuat oleh mahluk halus, tidak mengherankan jika nilai sakral yang dipunyainya menjadi sangat tinggi.

Terbuat dari apa Badik Raja?

Senjata tradisional yang bernama Badik Raja ini terbuat dari logam kualitas tinggi dan kerap dilengkapi dengan pamor indah di bagian hulunya, seperti pamor Timpalaja atau pamor Mallasoancale. Sesuai namanya, senjata tradisional Sulawesi Selatan ini dahulunya kerap digunakan oleh para raja-raja Bone.

2. Senjata Tradisional Badik Lagecong

Jenis badik selanjutnya adalah badik lagecong. Badik ini dahulunya digunakan untuk berperang atau dalam keadaan terdesak. Yang unik dari badik jenis ini adalah adanya bisa racun yang ada pada bilahnya. Sekali melukai, lawan tak akan butuh waktu lama untuk menghembuskan nafas terakhirnya. Karena hal itu, badik ini memiliki nilai kehormatan tersendiri.
Jenis senjata tradisional Sulawesi Selatan ini kini banyak dicari orang sebagai koleksi. Ukurannya memang hanya sejengkalan orang dewasa, kecil tapi mematikan. Itulah yang menambah nilai keunikannya.
Senjata Tradisional Sulawesi Selatan

3. Senjata Tradisional Badik Luwu

Sesuai namanya, Badik Luwu berasal dari budaya masyarakat kabupaten Luwu di masa silam. Bentuknya membungkuk seperti bungkuk kerbau (mabbukku tedong). Bilahnya lurus dan meruncing di bagian ujung. Sebagian masyarakat Bugis percaya bila badik ini disepuh dengan bibir kem@luan gadis perawan, maka orang dengan ilmu kebal apapun akan mati bila ditusuk.
Badik Bugis Sulawesi Selatan



Baca Juga:

10 Contoh Alat Musik Ritmis, Gambar, dan Keterangannya




4. Senjata Tradisional Badik Lompo Battang

Jenis badik selanjutnya adalah badik Lompo Battang. Dalam bahasa Bugis, lompo battang berarti perut besar. Tak heran jika kita lihat bentuk bilahnya memang tampak seperti perut yang besar. Jenis senjata tradisional Sulawesi Selatan ini juga tak kalah unik. Wajar bila banyak kolektor yang memburunya.
Badik adalah senjata tradisional yang berasal dari Bugis Sulawesi Selatan


5. Keris

Review Tentang Senjata Tradisional Keris Sulawesi Selatan Yang Banyak Dicari
Keris Sulawesi via WordPress
Nah, pada poin yang terakhir ini rasanya Anda tidak asing lagi. Senjata tradisional yang berasal dari Sulawesi Selatan ini sepertinya dimiliki oleh daerah lainnya seperti Jawa. Ya, namanya Keris dan dalam bahasa Bugis disebut Kawali, sedangkan dalam bahasa Makassar dinamakan Seleq, yang berlekuk dengan jumlah ganjil, misalnya berlekuk 7,9, atau 13.
Ada yang unik saat pembuatan keris Sulsel. Dimana pada tahap awal pembuatan keris, bahannya bukan dari besi atau jenis logam lainnya, melainkan dari batu meteor yang telah mengeras. Karena itulah Kawali tidak terdeteksi oleh detektor metal.
Kabarnya, setiap Kawali punya aura yang biasa juga disebut pamor. Panrita (empu) kawali tidak punya kemampuan menciptakan pamor pada keris. Pamor itu tercipta sendiri setelah keris selesai ditempa.



Nah, itulah 5 jenis badik sebagai senjata tradisional Sulawesi Selatan khas suku Bugis. Masyarakat Bugis memang masyarakat yang terbuka dan ramah. Mereka adalah orang-orang yang menjunjung tinggi nilai-nilai perbedaan dan perdamaian. Kendati begitu, bila harga dirinya terusik, maka sekali badik tercabut dari sarungnya, tak akan kembali ia sebelum berhasil menumpahkan darah. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Senjata Tradisional Sulawesi Selatan, Badik Raja, Badik Lagecong, Badik Lawu, Badik Lompo
4/ 5
Oleh