Selasa, 05 Maret 2019

Senjata Tradisional Riau, Pedang Jenawi, Keris, Beladau, Kelewang, Badik Tumbuk Lada Beserta Penjelasannya

Senjata tradisional Riau (Pekanbaru) yang mayoritas suku Melayu dilengkapi dengan gambar dan penjelasannya. Alat perang suku Melayu itu dahulu dipakai untuk melawan penjajah.
Provinsi Riau lebih dikanal sebagai daerah penghasil minyak sawit terbesar di wilayah pulau Sumatera. Riau memiliki khasanah budaya yang sangat luar biasa. Rekam jejak sejarah propinsi Riau dapat kita lihat dari peninggalan sejarahnya. Seperti daerah-daerah lainnya Riau juga memiliki benda sejarah berupa senjata tradisional yang dulu digunakan masyarakat Riau untuk berjuang.
Kini sejarah telah berlalu dan senjata tradisional Riau terus menjadi pelajaran di mata pelajaran di sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Dan untuk mengenalnya, saat ini sudah ada media internet yang menghimpun banyak informasi sejarah mengenai berbagai macam, termasuk senjata tradisional Riau.

Senjata Tradisional Riau


Senjata tradisional Riau yang pertama dan yang paling populer bernama pedang jenawi. Pedang ini adalah senjata yang dahulunya kerap digunakan oleh para panglima perang kerajaan Melayu saat menghadapi musuh-musuhnya. Ukurannya yang cukup panjang, yakni sekitar 1 meter membuat ia digunakan dalam perang tanding jarak dekat.
Secara sekilas, pedang Jenawi nampak seperti samurai khas Jepang. Oleh karenanya, banyak ahli sejarah dan budayawan yang berpendapat bahwa senjata ini berasal dari budaya Jepang kuno yang mengalami akulturasi dengan budaya Melayu.
Terlepas dari pendapat-pendapat tersebut, yang jelas saat ini pedang Jenawi telah dianggap sebagai identitas masyarakat melayu Riau di kancah nasional
Senjata Tradisional Riau Pedang Jenawi


1. Senjata Tradisional Pedang Jenawi


Senjata tradisional Riau yang pertama dan yang paling populer bernama pedang jenawi. Pedang ini adalah senjata yang dahulunya kerap digunakan oleh para panglima perang kerajaan Melayu saat menghadapi musuh-musuhnya. Ukurannya yang cukup panjang, yakni sekitar 1 meter membuat ia digunakan dalam perang tanding jarak dekat.
Secara sekilas, pedang jenawi nampak seperti samurai khas Jepang. Oleh karenanya, banyak ahli sejarah dan budayawan yang berpendapat bahwa senjata ini berasal dari budaya Jepang kuno yang mengalami akulturasi dengan budaya melayu. Terlepas dari pendapat-pendapat tersebut, yang jelas saat ini pedang Jenawi telah dianggap sebagai identitas masyarakat melayu Riau di kancah nasional.


2. Senjata Tradisional Keris


Bila Anda sebelumnya sering menganggap bahwa keris hanya ada di Jawa, maka sebaiknya Anda coba menjelajahi dan berkeliling ke daerah Sumatera atau negeri Jiran Malaysia. Pasalnya, dalam budaya masyarakat daerah tersebut Anda juga akan menemukan keris sebagai warisan dari leluhur mereka. Oleh karenanya, dalam hal ini keris juga dapat ditemukan dalam budaya masyarakat Riau. Kendati demikian, keris Riau memiliki keunikan, yaitu jumlah luk (lekukan) yang sedikit serta ukiran pada gagang dan sarungnya yang lebih banyak bermotif flora.
Senjata Tradisional Riau Keris


3. Senjata Tradisional Beladau


Beladau merupakan senjata jenis tusuk yang ditemukan dalam budaya masyarakat Riau. Senjata ini berupa pisau belati yang tajam di satu sisi. yang membuat beladau ini berbeda dengan pisau belati pada umumnya adalah beladau cenderung memiliki kelengkungan di pangkal pegangannya, sehingga gagang lebih mudah dipegang dan didorong saat digunakan.
Sesuai dengan panjangnya yang hanya 24 cm, senjata tradisional Riau satu ini kerap digunakan sebagai sarana perlindungan diri dari serangan jarak dekat.
Senjata Tradisional Riau Beladau


4. Senjata Tradisional Kelewang


Senjata tradisional khas Riau selanjutnya yaitu kelewang. Kelewang adalah semacam golok dengan ujung bilah yang membesar. Di masa silam, kelewang digunakan para prajurit kerajaan dalam peperangan. Akan tetapi, di masa sekarang, ia lebih banyak digunakan para petani dalam kegiatannya di sawah atau di ladang sebagai alat pertanian. Karena fungsi tersebut, kelewang hingga saat ini tetap lestari dibandingkan jenis senjata tradisional Riau lainnya.
Senjata Tradisional Riau Kelewang


5. Senjata Tradisional Badik Tumbuk Lada


Pernah mendengar senjata bernama Badik Tumbuk Lada? Ya, senjata ini sebetulnya lebih dikenal sebagai senjata tradisional Jambi. Kendati demikian, bukan berarti masyarakat Riau tidak mengenalnya. Letak geografis kedua provinsi ini membuat budaya mereka tidak jauh berbeda sehingga wajar jika badik tumbuk lada juga termasuk kedalam jenis senjata tradisional Riau.


Bentuk
Senjata tradisional ini berbentuk seperti badik khas dari Sulawesi hanya saja pada sarung Tumbuk Lada terdapat benjolan bundar yang dihias dengan ukiran pahat. Bagian sarungnya dilapis dengan kepingan perak yang diukir dengan pola-pola rumit. Selain itu bentuknya juga menyerupai keris namun tidak bergelombang. Senjata ini memiliki karakteristik berukuran tidak lebih dari 29 cm dan hanya mempunyai lebar 4 cm.

Fungsi
Zaman dulu badik ini dipergunakan untuk berburu dan berperang. Namun selain untuk berperang Tumbuk Lada pada zaman dulu juga menjadi salah satu kelengkapan pakaian adat di Jambi, Kepulauan Riau, Deli, Siak dan Semenanjung Tanah Melayu. Dan sampai saat ini masih digunakan sebagai kelengkapan pakaian adat.

Senjata Tradisional Riau Badik

Demikianlah ulasan mengenai senjata tradisional Riau Melayu kami sampaikan. Semoga memberikan manfaat kepada para pembaca. Jangan sungkan untuk memberikan saran, kritik dan komentar kepada kami. Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini.

Related Posts

Senjata Tradisional Riau, Pedang Jenawi, Keris, Beladau, Kelewang, Badik Tumbuk Lada Beserta Penjelasannya
4/ 5
Oleh