Selasa, 05 Maret 2019

Senjata Tradisional Jawa Tengah Keris, Wedhung, Tombak, Plintheng, Thulup, Condroso Lengkap

Tradisilokal.web.id - Senjata merupakan alat yang digunakan untuk melukai, membunuh atau menghancurkan suatu benda. Senjata tersebut digunakan untuk mempertahankan diri maupun menyerang. Dalam suatu istilah kata tradisional berasal dari “tradisi” yang berarti kepala suatu lambang, kebiasaan atau perilaku yang berdasarkan tata aturan dan norma yang berlaku.
Dari penjabaran di atas bisa disimpulkan bahwa pengertian senjata tradisional adalah produk budaya yang melekat pada hubungan atar masyarakat yang digunakan sebagai membela diri dari serangan musuh. Hal ini menerapkan fungsi dari senjata tradisional yang berubah sebagai identitas suatu bangsa yang turut memperkenalkan khazanah kebudayaan nusantara.



Senjata Tradisional Jawa Tengah


Sebetulnya ada banyak ragam dan jenis senjata yang dikenal dalam budaya masyarakat Jawa kuno. Kejayaan yang dicapai kerajaan Majapahit dan kerajaan lainnya di masa silam membuktikan bahwa teknologi persenjataan orang Jawa, Jawa Tengah khususnya telah selangkah lebih maju dibandingkan bangsa lain di nusantara.
Kendati demikian, banyak di antara senjata kebanggaan masyarakat Jawa tersebut yang kini sudah punah dan tersisa. Hanya tertinggal beberapa jenis senjata tradisional Jawa Tengah yang masih dapat ditemukan saat ini.
Senjata Tradisional Jawa Tengah - Keris
adatnusantara.web.id


1. Senjata Tradisional Keris


Yang pertama dan yang paling populer adalah keris. Ya, Anda tentu sudah pernah melihat bagaimana bentuk senjata tradisional Jawa Tengah yang satu ini. keris memang telah diakui sebagai senjata dengan nilai seni yang tinggi. Daya serangnya yang bisa melumpuhkan dari jarak dekat juga tak bisa dianggap remes.
Di beberapa daerah yang dihuni entitas Melayu, seperti Sumatera, Kalimantan, Bali, Sulawesi, bahkan hingga Negeri Jiran, Malaysia kita juga bisa menemukan senjata serupa. Akan tetapi, keris Jawa cenderung lebih populer karena kerap kali dianggap memiliki tuah tertentu.
Keris Jawa bisa ditemukan dalam beragam bentuk, mulai dari yang tanpa luk (lekukan), berluk 3, 5, 7, dan seterusnya. Banyak wisatawan mancanegara atau domestik yang mengoleksi senjata tradisional ini sebagai bentuk kekaguman dari setiap corak tempaan yang terpahat pada bilahnya.


2. Senjata Tradisional Wedhung


Tak banyak yang tahu bila Jawa Tengah memiliki senjata tradisional bernama Wedhung ini. keberadaannya kalah populer dibandingkan keris. Akan tetapi, di masa silam senjata jenis tikam ini nyatanya justru lebih sering digunakan masyarakat biasa. Bentuknya seperti pisau dengan satu mata bilah yang tajam. Ia dilengkai dengan serangka dan yang terbuat dari kayu jati.
Senjata Tradisional Jawa Tengah - Wedhung
Budayanusantara.web.id


3. Senjata Tradisional Tombak


Seperti yang pernah dilihat dalam film-film kolosal Jawa. Seorang prajurit kerajaan selalu menggunakan tombak dan perisai sebagai alat pembelaan diri. Namun, tombak juga digunakan sebagai senjata tradisional Jawa Tengah. Pada masa lalu kris digunakan ketika terjadi peperangan pada masa silam. Dan salah satu tombak terkenal adalah tombak Kyai Pleret.
Tombak ini sangat di andalkan saat terjadi peperangan. Sebab mata pisau di tombak sangatlah tajam dan mampu membuat musuh tewas seketika. Tidak hanya digunakan pada masa peperangan saja. Namun, juga selalu di gunakan untuk berburu saat mencari bahan makanan.
Senjata Tradisional Jawa Tengah - tombak
Cintaindonesia.web.id


4. Senjata Tradisional Plintheng


Permainan anak-anak jaman dahulu ini juga masih sangat kental di Jawa. Sebagai permainan anak-anak yang sangat sederhana dengan sebuah kayu yang di buat berbentuk Y dan diikat dengan karet di ujung kanan dan kirinya dengan adanya selembar kulit hewan di bagian tengah karet. Ternyata alat ini merupakan senjata tradisional Jawa Tengah yang masih aktif.
Plinthengan merupakan senjata tradisional Jawa Tengah yang digunakan sebagai sarana hiburan. Dengan cara bermainnya menggunakan batu atau krikil sebagai peluru, yang ditarik untuk menciptakan gaya pegas yang kuat. Cara ini yang mereka gunakan sebagai senjata tradisional.
Senjata Tradisional Jawa Tengah - Plintheng


5. Senjata Tradisional Thulup


Masyarakat Dayak di Kalimantan Barat mengenal sumpit sebagai senjata untuk berburu. Beralih ke tanah Jawa, sumpit tersebut dikenal dengan nama thulup. Keduanya memiliki prinsip kerja yang sama, akan tetapi dari ukurannya thulup cenderung lebih pendek dibanding sumpit khas Dayak.
Senjata tradisional Jawa Tengah yang digunakan dengan cara ditiup ini dilengkapi dengan anak tulup sebagai pelurunya. Untuk menambah efek sakit, anak thulup dapat ditambahkan atau direndam terlebih dahulu dalam cairan racun alami sebelum digunakan.
Senjata Tradisional Jawa Tengah - Thulup


6. Senjata Tradisional Condroso


Wanita Jawa dikenal sebagai wanita yang mandiri dan mampu menjaga diri. Pada masa silam, mereka kerap membawa senjata untuk melindungi diri dari tindak kejahatan. Akan tetapi, senjata yang dibawa tidaklah berbentuk senjata, melainkan hanya sebatas tusuk konde. Tusuk konde tersebut memiliki ujung tusuk yang tajam dan diberi nama condroso.
Senjata Tradisional Jawa Tengah - Condroso


7. Khudi

Khudi bagi masyarakat Banyumas adalah salah satu perkakas yang multi guna. Selain untuk senjata tajam khudi ini juga digunakan untuk melindungi diri. Khudi adalah senjata tradisional sub budaya masyarakat Jawa yang didalamnya memiliki simbol.
Dari simbol kudhi digunakan dalam bentuk tulisan, ucapan dan juga sering digunakan sebagai upacara dan kesenian. Kudhi ini juga di anggap memiliki daya linuwih yang dipakai sebagai jimat.
Kudhi sendiri juga memiliki berbagai macam. Seperti kudhi umum, yang biasanya digunakan pada seluruh kepentingan. Kemudian kudhi Melem, yang mana alat ini memiliki bentuk seperti ikan melem dengan ukuran panjang 30cm dan lebar 10cm.
Kudhi ini sering digunakan sebagai pagar rumah atau bilik. Dan yang satunya adalah kudhi arit, yang sering digunakan untuk mencari dedaunan, kayu bakar maupun nira. Kudhi ini memiliki panjang sekitar 35cm dan lebar 10cm.



Nah, itulah 7 senjata tradisional Jawa Tengah beserta gambar dan keterangannya. Beragam senjata tersebut bukan hanya dapat ditemukan dalam budaya masyarakat Jawa Tengah. Dalam budaya masyarakat Yogyakarta dan Jawa Timur pun kita bisa menemukan senjata-senjata tersebut dalam kehidupan masyarakatnya.

Related Posts

Senjata Tradisional Jawa Tengah Keris, Wedhung, Tombak, Plintheng, Thulup, Condroso Lengkap
4/ 5
Oleh