Jumat, 01 Maret 2019

20 Contoh Alat Musik Ritmis dan Melodis Yang Harus Kamu Tahu

Sebenarnya apa sih beda antara alat musik ritmis dan melodis? Beda antara alat musik ritmis dan melodis terletak pada ada tidaknya nada. Kalau alat musik ritmis itu nggak ada nadanya, sedangkan melodis ada nadanya.


Pengertian alat musik ritmis

Pastinya telinga kita sudah tidak asing lagi mendengar istilah ritmis, melodis, dan harmonis. Kemudian jika ditanya apakah alat musik ritmis? Apakah Anda dapat menjawab pertanyaan tersebut?
Nah, agar Anda dapat menjawab pertanyaan tersebut jadi mari kita membahasnya supaya lebih paham lagi tentang apa itu alat musik ritmis.
Alat musik ritmis ialah alat musik yang dijadikan hanya sebagai pengiring saja. Dalam kata lain, alat musik ritmis tersebut hanya mempunyai satu nada saja serta tidak dapat membunyikan nada-nada tertentu misalnya “Do Re Mi Fa So La Si Do”. Oleh karena itu alat musik ritmis ini di samping sebagai pengiring namun juga sebagai pengatur tempo.
Banyak sekali cara yang dipakai untuk memainkan alat musik ritmis ini, seperti dipukul, digesek, dikocok, digoyang, dan ditabuh dengan menggunakan tangan ataupun bantuan alat. Akan tetapi pada umumnya atau kebanyakan alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul.
Jadi bagaimana, sudah mulai mengerti bukan? Jadi pada intinya, alat musik ritmis ini hanya memiliki satu nada saja serta dijadikan sebagai pengatur tempo.

Contoh alat musik ritmis dari berbagai daerah beserta gambar dan cara memainkannya

Alat musik ritmis ini dibedakan menjadi alat musik ritmis tradisional dan alat musik ritmis modern.

Alat musik ritmis tradisional

Berikut ini akan kami ulas berbagai macam dan contoh dari alat musik ritmis tradisional yang unik yang tesebar di berbagai daerah di dunia dan disertai asal daerahnya, gambar serta cara memainkannya.

Alat musik kendang

alat musik kendang
Pintarpidato.web.id
Pastinya Anda semua sudah tahu, jika alat musik tradisional kendang ini sudah cukup terkenal di Indonesia, jadi dapat dipastikan bahwa setiap orang telah mengetahui tentang alat musik ini.
Kendang atau yang biasa disebut juga dengan gendang adalah salah satu instrumen dalam gamelan masyarakat Jawa dan juga masyarakat Sunda. Salah satu fungsi utama kendang ini adalah untuk mengatur tempo atau irama.
Jenis-jenis kendang
jenis jenis kendang
budayajawa.id
Dalam sebuah pagelaran musik, kendang ini tidak hanya satu, yaitu ada beberapa jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis kendang yang ada di Indonesia:
  • Kendang kecil, kendang ini dapat disebut juga dengan ketipung
  • Kendang sedang, kendang ini bisa disebut juga dengan kendang kebar atau ciblon.
  • Kendang gedhe, kendang ini merupakan pasangan ketipung dan kadang disebut juga dengan kendang kalih.
  • Untuk pewayangan, ada satu lagi jenis kendang yang khas yaitu kendang kosek.
Kendang tersebut biasanya akan dimainkan oleh para pemain gamelan yang telah profesional yang telah lama berkecimpung di dalam budaya Jawa. Biasanya, pemain kendang yang sudah lama dan juga sudah profesional memiliki gaya serta naluri sendiri, jadi jika dimainkan oleh orang yang berbeda maka nuansanya juga akan berbeda pula.
Bahan pembuatan kendang
bahan pembuatan kendang
Kendang yang bagus biasanya terbuat dari batang kayu cempedak, nangka, atau kelapa yang dilubangi tengahnya. Bagian sisinya atau dijadikan sebagai penutupnya dilapisi dengan kulit kambing atau kerbau.
Kulit kambing biasanya dipakai untuk permukaan luar yang mengeluarkan ketukan bernada tinggi atau biasa disebut juga dengan chang. Sedangkan kulit kerbau biasanya dipakai untuk memasang permukaan bagian yang dapat memancarkan ketukan dengan nada rendah, atau biasa disebut dengan bam.
Pada badan kendang terdapat tali pengikat kulit atau yang juga disebut dengan tali rotan yang berbentuk seperti huruf “Y”. Tali tersebut sebagai pengatur nada dasar yang dapat dikencangkan atau juga bisa dikendurkan.

Cara memainkan
cara memainkan gendang
Alat musik kendang ini juga merupakan salah satu alat musik tradisional yang cara memainkannya adalah dengan cara dipukul dengan menggunakan kedua telapak tangan, sedangkan telapak kaki kirinya untuk meredam. Dapat dimainkan dengan menggunakan tangan langsung atau dengan dengan alat pemukul gendang.
Biasanya kendang ditempatkan di depan pemain secara horizontal. Juga biasanya pemain kendang Sunda memainkan dua kendang secara bersamaan sekaligus yaitu kendang dan kulanter atau disebut dengan kendang kecil.

Alat Musik Tifa

alat musik tifa
Alat musik tifa adalah salah satu dari kekayaan alat musik tradisional yang ada di Indonesia bagian Timur serta sudah menjadi identitas diri khususnya untuk masyarakat Maluku dan Papua.
Bentuk serta fungsi alat musik Tifa ini sekilas hampir sama dengan alat musik Kendang, namun suara dari alat musik Tifa ini terdengar lebih ringan.
Biasanya alat music Tifa ini dimainkan oleh para laki-laki dewasa. Caranya dengan dipukul seperti alat musik kendang. Tifa juga biasanya digunakan dalam upacara-upacara adat, tarian tradisional, atau pertunjukan music sebagai pengiringnya.

Cara memainkan

cara memainkan
Kumpulanpidato.web.id
Memainkan alat musik Tifa ini biasanya akan disesuaikan dengan jenis Tifa yang dimainkan. Seperti, ada yang hanya dimainkan dengan tangan kosong, ada pula dengan menggunakan alat pukul khusus.
Tifa akan menjadi suara utama ketika dimainkan dengan alat music lainnya. Hal ini disebabkan karena tifa adalah alat music ritmis yang hanya memiliki satu nada.
Tifa ini harus disesuaikan dengan baik jika memainkannya dengan memadukan bersama jenis tifa lain. Karena pada dasarnya memiliki suara yang berbeda pada setiap jenis Tifa. Jadi memainkannya harus dipadukan dengan pas agar menghasilkan suatu irama yang baik serta enak didengar.

Jenis alat musik tifa
jenis alat musik tifa
Ilmupedia.web.id
Alat musik Tifa dari Maluku dan dari Papua memiliki perbedaan, terutama pada segi bentuknya. Tifa yang berasal dari daerah Maluku bentuknya seperti tabung serta tidak mempunyai pegangan, sedangkan Tifa yang dari Papua biasanya lebih melengkung serta memiliki pegangan di bagian tengahnya.
Beberapa jenis alat music tifa di antaranya adalah tifa jekir, tifa jekir potong, tifa dasar, tifa potong dan tifa bas.
Pada setiap jenis Tifa di atas mempunyai warna suara yang berbeda-beda, sehingga jika dimainkan secara bersamaan maka harus dipadukan dengan suara serta iramanya masing-masing seperti yang telah dijelaskan di atas.
Alat musik tifa yang dari Maluku memiliki nama tersendiri, yaitu tihal atau tahito. Nama tersebut biasanya digunakan di wilayah-wilayah Maluku bagian Tengah sedangkan di pulau Aru,nama lain dari tifa yaitu titir.

Bahan pembuat tifa
bahan pembuat tifa
Tifa yang berasal dari Papua biasanya terbuat dari kayu lenggua yang sudah terkenal dengan bentuknya yang besar serta kuat. Kayu lenggua tersebut adalah jenis kayu khas yang berasal dari Papua. Lenggua ini terkenal memiliki kualitas nomor satu, ini  dikarenakan kayu lenggua tebal dan kuat.

Alat musik rebana

alat musik rebana
Bacaterus.web.id
Rebana adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Timur Tengah. Akan tetapi juga banyak terdapat hampir di seluruh daerah Indonesia. Alat musik rebana tersebut telah beredar luas dan berkembang di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura.
Rebana biasanya ditampilkan saat ada acara-acara kesenian seperti pementasan qasidah. Pada qasidah dan hadroh ini sering menggunakan rebana, termasuk pada musik gambus.
Uniknya, di Indonesia terdapat daerah yang dapat memproduksi ribuan rebana lalu kemudian hasil produksi tersebut dijual ke pasar domestik hingga pasar internasional. Daerah penghasil alat music rebana tersebut adalah Desa Kaliwadas, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Jenis alat musik rebana

jenis alat musik rebana
Terdapat beberapa jenis alat music rebana di Indonesia yang berkembang sampai sekarang. Bahkan, alat music rebana ini ada yang sudah menjadi ciri khas dari daerah tertentu. Jenis rebana di Indonesia pada umumnya yaitu rebana banjar, rebana biang, jidor, kompang, marawis, samroh dan hadroh.
Bentuk alat musik rebana
bentuk alat musik rebana
Bentuk rebana pada umumnya yaitu bundar dan pipih yang dibuat dari bingkai kayu yang dibuat berbentuk lingkaran. Salah satu sisinya ditutup dengan menggunakan kulit kambing dan pada bagian inilah yang akan dipukul dengan tangan.
Di Negara Malaysia ada rebana berukuran besar yang diberi nama Rebana Ubi. Rebana ubi ini biasanya dimainkan pada saat hari-hari raya.

Alat musik kastanyet

alat musik kastanyet
www.budayanusantara.web.id
Kastanyet adalah alat musik yang terdiri dari sepasang kepingan kayu keras yang berbentuk cekung atau gading. Biasanya alat music kastanyet ini digunakan untuk mengiringi tarian-tarian yang berasal dari Negara Spanyol.
Alat musik kastanyet juga dimainkan dalam instrumen perkusi, yaitu dua tongkat kayu silinder yang diklik secara bersama-sama untuk menghasilkan suara dengan nada tinggi clave yang menjadi tanda musik-musik latin, alat tersebut juga terkadang terbuat dari bahan yang sintetis.
Cara memainkan alat musik kastanyet yaitu dengan menggesek-gesekkan alat tersebut dengan ibu jari. Biasanya caranya dengan meletakkan kastanyet pada tangan kiri dan tangan kanan digunakan untuk menepuk ke tangan kiri yang ada kastanyet tersebut. Unik bukan?

Alat musik timpani

alat musik timpani
Timpani merupakan salah satu alat musik yang cara memainkannya dengan dipukul menggunakan alat seperti memainkan alat musik marimba, glockenspiel, vibraphone, atau xylophone.
Karena timpani ini memiliki bentuk yang besar, jadi alat ini akan selalu ditempatkan di belakang. Selain menjadi alasan estetika, hal tersebut dilakukan karena menjadi pertimbangan untuk keseimbangan suara.
Di samping itu, akan membuatnya terlihat gagah jika rangkaian alat musik timpani yang diletakkan di belakang pasukan orkestra. Meskipun biasanya diletakkan di bagian paling belakang, tapi timpani ini memiliki pengaruh tersendiri di dalam sebuah pertunjukkan orchestra yang digelar.
Orang Amerika biasanya menyebut instrumen tersebut dengan sebutan half egg, hal tersebut mungkin dikarenakan timpani ini bentuknya seperti telur yang dipotong. Jika orang Perancis biasanya menyebut dengan sebutan timbale atau timpani. Sedangkan orang Inggris menyebutnya dengan sebutan ketel drum.


Macam dan jenis timpani
macam dan jenis timpani
Adatnusantara.web.id
Berdasarkan ukurannya, timpani dibagi menjadi lima macam. Urutannya yaitu timpani dari yang berdiameter paling kecil adalah 20 inch, 23 inch, 26 inch, 29 inch dan 33 inch. Timpani dengan ukuran 33 inch merupakan jenis timpani yang terbesar.
Jumlah standar rangkaian timpani yaitu dua buah, yang kemudian bisa ditambahkan sesuai dengan kebutuhan lagu.
Pada Timpani modern, semuanya telah menggunakan sistem pedal pengubah nada. Misalnya pada sebuah komposisi dan dibutuhkan nada A, G, D, C, akan tetapi secara tiba-tiba pada bagian tertentu harus main di nada B, maka hal tersebut bisa dilakukan dengan menginjak salah satu pedal timpani yang mempunyai nada paling dekat.





Daftar Contoh Alat Musik Melodis

Saat ini mungkin kalian bisa mencoba mencari nada-nada musik lewat aplikasi android atau tinggal mencarinya di PlayStore, tetapi akan terasa berbeda dengan suara yang didengar dari alat musik yang kita lihat secara langsung.
Alat musik melodis biasanya berfungsi untuk mengatur nada dalam sebuah lagu, selain itu instrumen musik ini juga memiliki banyak jenisnya, dari tradisional hingga modern.
Berikut ini beberapa daftar contoh alat musik melodis beserta gambar dan penjelasan lengkapnya:

1. Akordeon

Ada banyak nama panggilan yang digunakan orang untuk menyebut alat musik ini, di Indonesia sendiri tentu dikenal dengan nama Akordeon atau Akordion. Di luar negeri, panggilannya tetap sama, tetapi dengan penulisan yang berbeda yaitu Accordeon.
Contoh alat musik melodis akordeon
Gambar alat musik akordeon
Akordeon adalah alat musik sejenis organ dengan bentuk yang lebih kecil. Akordeon dimainkan dengan cara digantungkan di badan atau ditopang. Tentunya akan melelahkan jika kalian bermain dengan durasi yang lama karena beratnya.
Pemain Akordeon memainkan alat musiknya dengan cara menekan tombol-tombol “akor” dengan menggunakan jari-jari tangan kiri sedangkan yang kanan memainkan melodi untuk mengiringi lagu, tetapi jika sudah ahli biasanya menggunakan tangan secara bergantian.
Suara yang dihasilkan Akordeon berasal dari pergerakan udara yang disalurkan ke “lidah-lidah” Akordeon. Udara ini timbul dari gerakan tangan pemain (dorongan dan tarikan).

2. Angklung

Alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara digoyang ini juga bisa dibilang salah satu contoh alat musik melodis. Angklung diyakini merupakan salah satu alat musik tradisional Jawa Barat dan sampai saat ini masih bisa kita jumpai permainannya.
Contoh alat musik melodis angklung
Gambar alat musik angklung
Suara yang dihasilkan dari Angklung memang tidak begitu unik, itulah kenapa pertunjukan angklung biasanya dimainkan dalam sebuah kelompok atau pementasan. Angklung adalah salah satu contoh alat musik melodis.
Meski Angklung adalah alat musik tradisional, alat musik ini bisa digunakan bersamaan dengan alat musik modern lain seperti drum dan gitar elektrik misalnya. Angklung juga terkenal di luar Indonesia, tetapi kenapa pemuda negeri seakan kurang berminat untuk mempelajari.

3. Biola

Biola adalah alat musik yang dimainkan dengan cara digesek menggunakan alat gesek atau bow yang hair yang terbuat dari bahan sintetis atau bisa dari rambut kuda asli. Biola menghasilkan suara yang merdu sehingga banyak yang menyukai alat musik ini.
Contoh alat musik melodis biola
Gambar alat musik biola
Pemain biola juga biasanya terkesan elegan dengan balutan jas hitam, tetapi ternyata bermain biola tidak semudah kelihatannya. Pemain menggunakan tangan kirinya untuk menekan senar sedangkan tangan kanan menggesek, atau dibalik jika si pemain kidal.

Di luar negeri, Biola dikenal dengan nama Viola atau Violin. Beberapa nama pemain yang terkenal dalam permainan biola, seperti : Idris Sardi, Iskandar Widjaja dan Clarissa Tamara.

4. Bonang

Bonang adalah alat musik tradisional yang pada bagian tengahnya ada tonjolan berbentuk bundar, secara sekilas Bonang mirip gong yang ditidurkan. Bonang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pukul khusus.
Contoh alat musik melodis bonang
Gambar alat musik bonang
Ketika alat musik dimainkan dalam sebuah ansambel musik, Bonang sering digunakan sebagai alat musik penuntun dan pembawa melodi pokok atau mengatasi pola nada yang akan datang.

5. Calung

Calung merupakan salah satu alat musik tradisional Jawa Barat yang sudah lama berkembang di masyarakat. Suara yang dihasilkan dari Calung berupa berupa tangga nada pentatonik.
Contoh alat musik melodis calung
Gambar alat musik calung
Calung dikategorikan sebagai alat musik idiofon atau alat musik yang menghasilkan suara dari vibrasi alat musik itu sendiri, sama seperti cara memainkan alat musik Triangle.

Calung yang sudah dikenal lama masyarakat juga bermacam-macam, ada calung rantay, calung Banyumas dan juga calung jinjing yang tentunya semuanya tidaklah sama. Calung adalah salah satu contoh alat musik melodis tradisional.

6. Gitar

Alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik ini bisa dibilang fleksibel dan cocok untuk membawakan lagu dengan hampir seluruh genre. Gitar bisa dimainkan dengan mengambil sikap berdiri atau duduk tergantung kenyamanan dan keadaan.
Contoh alat musik melodis gitar
Gambar alat musik gitar
Seorang pemain gitar dikenal dengan istilah Gitaris atau guitarist. Dalam sebuah band, gitaris adalah salah satu posisi yang paling banyak menarik perhatian penontonnya selain vokalis. Tetapi, tidak mudah untuk memainkan gitar.

Gitar juga bisa digunakan untuk mengiringi musik tradisional, musik di Indonesia juga masih dominan menggunakan alat musik petik ini. Teknik bermain gitar juga bermacam-macam, butuh waktu hingga bertahun-tahun untuk menguasai permainan gitar.

7. Harmonika

Harmonika menghasilkan suara dari tiap hembusan dan tarikan udara yang berasal dari mulut pemainnya. Lubang yang ada pada harmonika memiliki jarak yang hampir berhimpitan, hal inilah yang membuat permainannya sulit.
Contoh alat musik melodis harmonika
Gambar alat musik harmonika
Di Indonesia sendiri, permainan Harmonika dipopulerkan oleh salah satu musisi yang bisa dibilang melegenda yaitu Iwan Fals seperti dalam lagunya yang berjudul “Belum ada judul”.
Keindahan suara yang dihasilkan dan teknik permainan harmonika tergantung dari pemainnya, semakin baik dan akurat semakin baik juga permainan yang dihasilkan.

8. Kecapi

Jika dilihat dari segi fungsinya dalam mengiringi sebuah lagu, kecapi terbagi menjadi 2 macam yaitu kecapi indung atau induk dan kecapi rincik atau anakan. Meskipun keduanya sama-sama digunakan untuk mengiringi lagu, masing-masing peran mereka berbeda satu sama lain.
Contoh alat musik melodis kecapi
Gambar alat musik kecapi
Kecapi dimainkan dengan cara dipetik pada bagian dawai atau senar yang terbentang di atas papan kayu (tubuh kecapi). Berbeda dengan biola yang digesek, kecapi dimainkan menggunakan jari-jari dan senarnya sedikit lebih tajam di kulit

Teknik yang digunakan dalam memetik juga sangat berpengaruh dengan suara / nada yang dihasilkan kecapi. Semakin mahir cara memainkan alat musik kecapi seorang pemain, semakin baik pula melodi yang dihasilkan dari petikannya.

9. Kolintang

Di beberapa daerah, kolintang memiliki nama sebutan kulintang. Namun, intensitas penggunaannya masih sama. Dalam perkembangannya, kolintang telah melewati berbagai budaya dan pengaruh dari agama-agama yang ada di Indonesia.
Contoh alat musik melodis kolintang
Gambar alat musik kolintang
Meskipun bentuknya pipih panjang, kolintang adalah alat musik yang masih bagian dari keluarga gong yang ada di Asia dan sudah lama ada di Indonesia. Diyakini permainannya telah ada sejak berabad-abad yang lalu terutama di daerah Asia Tenggara, hingga akhirnya berkembang sampai saat ini.

Kolintang adalah alat musik tradisional yang dipukul, bisa dimainkan oleh laki-laki ataupun perempuan tergantung dari keadaan. Kolintang menghasilkan suara yang apik dan cocok untuk mengiringi lagu-lagu daerah dan beberapa alat musik modern bukanlah pilihan yang buruk.

10. Mandolin

Mandolin adalah alat musik yang berbentuk seperti gitar, namun bagian tubuhnya sedikit lebih gendut. Mandoling sering dimainkan pada acara tertentu dan juga sebagai pengiring tarian, seperti tari rudat. Alat musik mandolin bisa dipadukan dengan berbagai alat musik lainnya dalam penampilannya.
Contoh alat musik melodis mandolin
Gambar alat musik mandolin
Cara memainkan mandolin sama seperti memainkan gitar, tetapi jumlah senarnya berbeda dengan gitar. Mandolin adalah alat musik yang diyakini berasal dari Italia dan bisa memainkan segala macam genre seperti bluegrass, folk, classic dll. dan mandolin tidak terlalu sulit untuk dipelajari.

11. Pianika

Alat musik yang hampir dimainkan pada tiap generasi ini dimainkan dengan cara ditiup melalui pipa tiup dan dilanjutkan dengan menekan note yang ada pada tuts pianika. Pianika memiliki lubang ujung kanan untuk membuang udara dan air.
Contoh alat musik melodis pianika
Gambar alat musik pianika
Jika dilihat dari bentuk dan cara memainkannya, pianika mirip dengan alat musik piano yang memiliki 2 macam warna tuts juga yaitu hitam dan putih. Pemain pianika dituntut harus memiliki pengaturan nafas yang baik. Pianika juga termasuk salah satu contoh alat musik melodis.

12. Piano

Seperti pianika, piano memiliki beberapa tuts yang menghasilkan suara. Ada 2 macam piano yaitu piano tradisional dan modern. Seorang pemain piano dikenal dengan sebutan pianist, dan salah satu pemain yang terkenal adalah Yiruma.
Contoh alat musik melodis piano

Related Posts

20 Contoh Alat Musik Ritmis dan Melodis Yang Harus Kamu Tahu
4/ 5
Oleh