Kamis, 28 Februari 2019

14 Contoh Alat Musik Harmonis, Gambar, dan Keterangannya

Apakah yang dimaksud dengan alat musik harmonis? Alat musik harmonis adalah alat musik yang menghasilkan bunyi-bunyian harmonis untuk mengiringi suatu lagu. Karena menghasilkan bunyi-bunyian harmonis, maka jenis alat musik ini dapat memainkan 3 atau lebih nada secara bersamaan. Susunan-susunan nada yang dimainkan bersama tersebut sering disebut chord.
Oleh karena dapat menghasilkan nada, maka semua alat musik harmonis dapat berfungsi sebagai alat musik melodis. Akan tetapi sebaliknya, tidak semua alat musik melodis bisa dimainkan sebagai alat musik harmonis.


Alat musik harmonis adalah alat musik yang menghasilkan bunyi-bunyian harmonis (3 atau lebih nada secara bersamaan) untuk mengiringi suatu lagu.

1. Alat Musik Gitar

Contoh alat musik harmonis yang pertama adalah gitar. Gitar kerap dimainkan untuk mengiringi sebuah lagu dengan kunci-kunci khusus yang menghasilkan harmoni indah. Kunci atau chord-chord gitar memiliki aturan dawai mana yang harus ditekan dan mana yang tidak. Sekalipun demikian, gitar tetap bisa dimainkan untuk menghasilkan melodi. Buktinya dalam sebuah pertunjukan band, kita akan melihat 2 gitar yang dimainkan para personilnya. Satu berfungsi untuk menghasilkan melodi, dan satu lagi menghasilkan nada-nada harmoni.
 

2. Alat Musik Harpa

Harpa juga termasuk contoh alat musik harmonis. Instrumen yang dimainkan dengan cara dipetik ini menghasilkan nada harmoni ketika 3 atau lebih dawainya dipetik secara bersamaan. Sama seperti gitar, untuk menghasilkan nada harmonis, harpa juga dimainkan dengan aturan-aturan tertentu.
 

3. Alat Musik Sasando

Sasando adalah alat musik tradisional khas Suku Rote di Nusa Tenggara Timur. Instrumen ini termasuk jenis alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Untuk menghasilkan nada-nada harmonis, sasando juga dimainkan dengan sistem dan cara kerja yang sama seperti harpa.
 

4. Alat Musik Saksophone

Saksophone adalah alat musik harmonis dari jenis tiup. Untuk menghasilkan bunyi harmonis, tuts atau lubang saksophone ditutup menggunakan jari dengan aturan-aturan tertentu. Jenis alat musik ini adalah salah satu instrumen yang sering dimainkan dalam pertunjukan musik jazz.
 

5. Alat Musik Sampek

Sampek adalah alat musik tradisional Kalimantan khas suku dayak. Instrumen ini juga termasuk contoh alat musik harmonis. Ia tersusun oleh banyak dawai yang dipetik dengan aturan-aturan tertentu. hampir semua lagu daerah Kalimantan selalu diiringi dengan bunyi-bunyian harmoni dari alat musik ini.
Contoh Alat Musik Harmonis

 

6. Alat Musik Rebab

Rebab atau arbab adalah alat musik yang cukup populer di Indonesia di masa silam. Instrumen yang dimainkan dengan cara digesek ini diperkirakan berasal dari budaya Timur Tengah. Dikenalnya instrumen ini di Indonesia dipengaruhi sejak masuknya budaya Islam di nusantara.
 

7. Alat Musik Siter dan Cemplung

Siter dan cemplung adalah salah satu instrumen yang dimainkan dalam seperangkat gamelan Jawa. Alat musik ini mirip dengan kecapi khas Sunda hanya saja ia memiliki dawai yang lebih banyak. Siter dan cemplung dapat dimainkan untuk menghasilkan nada melodis atau harmonis tergantung cara memainkannya.Kedua alat musik tersebut merupakan alat musik petik di dalam gamelan Jawa.
 

8. Alat Musik Piano

Piano adalah salah satu alat musik yang sangat populer di seluruh dunia. Instrumen yang dimainkan dengan cara ditekan ini dapat menghasilkan nada melodis dan nada harmonis. Untuk menghasilkan nada melodis, tuts piano ditekan satu persatu. Sementara untuk menghasilkan nada harmonis, 3 atau lebih tuts ditekan secara bersamaan.
Contoh Alat Musik Harmonis

9. Alat Musik Pianika

Pianika memiliki sistem dan cara kerja seperti halnya piano. Bedanya, pianika memiliki pipa yang digunakan untuk menyalurkan udara sebagai sumber tenaga penghasil bunyi. Untuk menghasilkan nada melodis, tuts pada piano ditekan secara bersamaan dengan aturan tertentu.
 

10. Alat Musik Biola

Biola merupakan instrumen gesek yang lebih sering dimainkan untuk menghasilkan nada-nada melodis. Akan tetapi, kadang kali, terutama dalam pertunjukan musik klasik dan jazz, instrumen ini juga dimainkan untuk menghasilkan alunan harmonis lewat kunci dan chord-chord tertentu.
 
 
 
Cintaindonesia.web.id

11. Alat Musik Gambus

 

Gambus adalah alat musik petik berasal dari Timur Tengah (Timteng) yang kemudian terjadi adaptasi dengan budaya Indonesia. Kemudian ada dikenal Gambus dari daerah di wilayah Indonesia seperti Jambi dan Riau. Sekarang, Gambus menjadi bagian dari budaya musik yang tidak bisa dipisahkan dari Indonesia.

Karena dimainkan dengan petik, alat musik Gambus dipasangi 3 senar sampai paling banyak 12 senar.
Sampai saat ini, beberapa pagelaran musik di daerah tertentu masih memakai Gambus sebagai instrumen musik. Kita berharap, eksistensi Gambus terus ada dinamikanya ditengah arus musik dari luar negeri. Kejadian anak muda malu belajar cara memainkan alat musik Gambus harus disadarkan. Karena jika bukan pemuda, maka siapa lagi yang mau kenal dengan musik kearifan lokal.
Tak bisa di pungkiri, banyak generasi muda yang senang belajar alat musik modern dari pada alat musik kuno. Tidak tahu pasti apa alasannya. Mungkin ini masalah tren dan kesadaran berbangsa dan bernegara. Tugas pemerintah harus bisa mengarahkan fenomena ini. Jangan sampai negara Indonesia cuma cita rasa negara asing terjadi pada bidang seni dan budaya.

 

 

12. Alat Musik Bonang

Bonang cukup sulit dimainkan karena kita harus terfokus untuk memukul sehingga tidak meleset. Adapun pemainnya biasanya orang yang sudah berpengalaman dalam dunia gamelan.
Bonang adalah salah satu alat musik tradisional yang digunakan sebagai susunan ansambel kesenian musik Gamelan yang hingga saat ini sudah dikenal di daerah Jawa Timur dan sekitarnya.
Gambar alat musik tradisional Bonang
Bonang juga dikenal sebagai salah satu alat musik tradisional Jawa Timur.
  • Jika dilihat dari jenisnya, alat musik Bonang terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Bonang Barung dan Bonang Penerus.
  • Jika dilihat dari ukurannya, Bonang Barung memiliki ukuran yang lebih pipih dibanding Bonang Penerus dan memiliki nada oktaf yang cukup tinggi.
Untuk teman-teman yang sedang berkunjung ke daerah Jawa seperti datang ke Keraton Jogjakarta atau melihat pementasan gamelan, sempatkanlah waktu untuk melihat alat musik tradisional yang dipukul ini.

Alat musik Bonang

Alat musik bonang adalah alat musik tradisional yang dipukul pada bagian yang bentuk fisiknya mirip dengan gong yang ditidurkan. Adapaun bagian-bagian dari alat musik Bonang, seperti:
  • Soko, bagian yang berperan sebagai penyangga waditra
  • Benang tali, yang berfungsi sebagai tali penyangga penclon
  • Papalayu, bagian depan dan belakang dari waditra
  • Pongpok, Ujung pangkal dari ancak
  • Palipid, Bilah kayu yang terdapat di atas pongpok dan juga penghalang penclon
Bagian-bagian ini setidaknya harus kita kenali agar kita tahu.

 

Cara memainkan alat musik Bonang

Untuk mempelajari cara memainkan alat musik Bonang, pemain membutuhkan alat pukul yang terbuat dari kayu berukuran pendek dan pada bagian ujungnya sedikit diberikan lilitan kain hingga tali tersebut mengikat.
Dalam permainannya, kita juga menggunakan kedua tangan yang masing-masing mengatur tempo dan berganti-gantian. Bagian yang dipukul pada Bonang adalah bagian tengah Penclon Bonang.


 

 
Budayanusantara.web.id

13. Alat Musik Keyboard ( Kibor )

Kibor atau keyboard merupakan sebuah alat musik yang dimainkan seperti piano. Kelebihannya, kibor bisa memainkan beragam suara, seperti trompet, suling, gitar, biola, sampai perkusi-perkusian. Dengan kibor, kita juga bisa bermain layaknya sebuah band.

Di beberapa daerah ketika akan membuat acara hajatan pesta, tidak jarang paran undangan dihibur dengan mendatagkan kibor dan para biduannya.
Sama seperti gitar, Keyboard termasuk kedalam alat musik harmonis juga.

 

 

14. Alat Musik Violoncello

Violoncello adalah sebuah alat musik gesek dan anggota dari keluarga Biola. Orang yang memainkan cello disebut cellis. Kalau dari namanya, kita merasa asing dengan alat musik ini. Namun setelah melihat gambarnya kita baru tahu bahwa alat musik harmonis ini sudah lama kita kenal.

Selain alat musik yang dimainkan dengan cara di gesek, Violoncello merupakan alat musik harmonis yang keberadaannya sampai kini masik eksis diberbagai seni pertujukkan musik.

 

 
 
Nah, itulah 10 contoh alat musik harmonis beserta gambar dan penjelasannya. Jadi, dari pembahasan kali ini dapat disimpulkan bahwa alat musik harmonis selalu menghasilkan alunan harmoni dari 3 atau lebih nada yang dimainkan secara bersamaan. Semoga bermanfaat dan silakan baca artikel berikutnya tentang contoh contoh alat musik Melodis. Salam.

Related Posts

14 Contoh Alat Musik Harmonis, Gambar, dan Keterangannya
4/ 5
Oleh