Rabu, 15 Mei 2019

Tari Lilin Tarian Tradisional Dari Sumatera Barat Penjelasan Secara Lengkap

    Tari lilin adalah tarian tradisional dari Sumatera Barat yang sudah ada sejak dulu kala. Tarian ini tergolong jenis tari kelompok yang terdiri dari sejumlah penari dengan mengenakan beberapa properti unik. Keunikan dari properti inilah yang menjadi ciri khas dari tari lilin. Pertunjukan nan ranjak memperlihatkan keanggunan para penari dalam memainkan tarian yang identik dengan properti berupa piring dan lilin. Dalam perkembangannya jenis kesenian tradisional asal Sumatera Barat ini dipertunjukkan dengan diiringi musik klasik.

Tari Lilin pada dasarnya merupakan sebuah tarian yang dipersembahkan oleh sekelompok penari dengan diiringi sekelompok musisi. Para penari ini akan membawa lilin yang menyala pada piring yang dipegang pada setiap telapak tangan mereka. Penari ini akan menarikan tarian berkelompok dengan memutar piring yang memiliki lilin yang menyala secara berhati-hati agar piring tersebut selalu horisontal, dan lilin padam.

Asal usul Tari Lilin berasal dari Sumatra. Konon seorang gadis telah ditinggalkan oleh tunangan yang pergi berdagang mencari harta. Selama peninggalan tunangannya itu gadis telah kehilangan cincin pertunangan. Gadis tersebut mencari-cari cincin sampai larut malam dengan menggunakan lilin yang ditempatkan pada piring. Gerakan tubuh yang meliuk, membungkuk, menengadah (berdoa) melahirkan keindahan sehingga peristiwa ini telah melahirkan Tari Lilin di kalangan gadis-gadis desa itu.

Tarian lilin adalah sejenis kesenian Istana dan ditarikan pada waktu malam untuk menimbulkan api lilin tersebut. Ini karena tarian lilin membutuhkan penarinya giat berlatih agar dapat mengontrol gerakan dengan lilin yang menyala tanpa terjadi kecelakaan.


Fungsi Tari Lilin

       Pada zaman dahulu, Tari Lilin hanya ditampilkan pada acara adat, yaitu sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas pencapaian yang telah dicapai masyarakat. Namun seiring perkembangan zaman, tari lilin asal Sumatera Barat ini tidak ditampilkan di acara adat saja, melainkan sudah menjadi sebuah kesenian dan hiburan di masyarakat.


Tari Lilin

Tidak ada yang tahu pasti kapan pertama kali tari lilin mulai ada. Yang jelas, sebagian masyarakat Minang percaya, tarian ini lahir dari sebuah kisah percintaan antara seorang gadis dengan tunangannya.
Dikisahkan bahwa dahulu kala ada seorang gadis yang ditinggal oleh kekasihnya untuk mencari modal nikah. Kekasihnya itu telah menunangnya dengan sebuah cincin yang terselip di jari manisnya. Suatu ketika, cincin itu hilang dari jari si gadis. Si gadis pun kemudian berusaha mencarinya dengan sepenuh jiwa. Pasalnya jika sampai cincin itu hilang, kekasihnya pasti tak akan mau menikahinya. Ia mencari hingga larut malam dalam kegelapan. Bermodalkan lilin di dua tangannya ia terus mencari namun ia tak pernah menemukannya.

1. Tema dan Makna Filosofi

Terlepas dari mitos tentang kisah sejarah kemunculan tari lilin yang berkembang tersebut, tarian ini tetaplah menjadi sebuah maha karya tari yang melekat dalam budaya masyarakat Minang. Tak mengherankan bila tarian ini bahkan sempat menjadi tarian khusus yang dipentaskan dalam lingkungan istana nagari-nagari yang ada di ranah minang.
 
 
 

2. Gerakan Tari Lilin

 Gerakan Tari Lilin cenderung lemah lembut, sehingga  memperlihatkan keindahan gerak tarian. Selain itu gerakan lemah lembut tersebut juga untuk menjaga agar api lilin tidak mudah padam. Beberapa gerakan  dalam Tari Lilin biasanya didominasi oleh gerakan mengayunkan tangan, gerakan seperti berdoa, gerakan meliuk, dan gerakan memutar badan. Selain itu ada juga beberapa gerakan yang dilakukan dalam posisi duduk, yaitu dengan memainkan gerakan tangan yang indah.

       Gerakan Tari Lilin lebih terlihat atraktif ketika para penari memainkan lilinnya dengan cara membalik-balik dan diikuti dengan gerakan meliuk-liuk sang penari. Tentunya dibutuhkan keahlian dan latihan khusus dalam menarikan Tari Lilin ini. Karena apabila tidak, maka lilin akan mudah redup dan bahkan terjatuh, sehingga dapat merusak gerakan tari itu sendiri.
 

3. Iringan Tari

Tari lilin diiringi dengan tetabuhan beberapa alat musik tradisional khas Melayu, seperti Accordeon, Biola, Gong, Bonang, Tok-Tok, Gitar, Saxophone, Kenong, dan Gendang. Khusus di wilayah Sumatera Selatan, tari lilin juga diiringi oleh syair-syair khas Melayu yang sarat dengan nilai-nilai pengajaran.
 

4. Setting Panggung

Tari lilin telah memiliki beragam variasi dalam hal setting panggung. Pada awalnya tarian ini hanya dipentaskan oleh 5 sd 7 penari wanita, namun seiring perkembangannya ada pula yang menarikannya secara berpasangan pria dan wanita. Kendati demikian, hal ini tidak merubah nilai-nilai dasar dari estetika tarian itu sendiri.
 

5. Tata Rias dan Tata Busana

Busana tari lilin terbagi menjadi 2 macam. Pada tari lilin khas Sumatera Barat, penarinya mengenakan kostum pakaian adat Bundo Kanduang dengan penutup kepala berbentuk seperti tanduk kerbau. Sementara pada tari lilin yang populer di Sumatera Selatan, penarinya menggunakan pakaian Aesan Gede dan Aesan Paksangko, pakaian adat Palembang.
 

6. Properti Tari

Sesuai namanya, tarian ini menggunakan properti berupa piring dan lilin yang nyala. Satu penari umumnya memegang 2 buah lilin di tangan kanan dan kirinya. Properti ini sangat penting dalam kaitannya menambah nilai estetis dari tarian yang disajikan, terlebih bila ia dipentaskan saat malam hari. 
 
 

Tari Lilin dalam pertunjukan

       Tari Lilin biasanya ditampilkan oleh sekelompok penari wanita. Namun ada juga yang menampilkan beberapa penari pria dan wanita berpasangan. Dalam pertunjukannya, para penari menari dengan piring kecil dan lilin menyala yang ditaruh di telapak tangan mereka. Mereka menari seiring dengan alunan musik yang mengiringi mereka.
       Itulah pembahasan singkat tentang Tari Lilin Tarian Tradisional Sumatera Barat yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga bahasan singkat tentang Tari Lilin Tarian Tradisional Sumatera Barat diatas dapat mebawa manfaat bagi kita untuk mengenal lebih dalam tentang Tari Lilin Tarian Tradisional Sumatera Barat.
 
Penelusuran yang terkait dengan Tari Lilin Asal Melayu
  • jumlah penari tari lilin
  • musik tari lilin
  • tari lilin natal
  • gambar tari lilin
  • tari piring berasal dari
  • tari lilin berasal dari dan propertinya
  • teks prosedur cara melakukan tari lilin
  • tari lilin thailand 

Related Posts

Tari Lilin Tarian Tradisional Dari Sumatera Barat Penjelasan Secara Lengkap
4/ 5
Oleh