Sabtu, 27 April 2019

12 Contoh Tari Tunggal Beserta Penjelasannya

TradisiLokal - Berdasarkan jumlah pemain dan cara penyajiannya, macam-macam tari dibagi menjadi empat jenis yaitu tari tunggal, tari berpasangan, tari kelompok serta tari massal. Diantara keempat jenis tari ini, tari tunggal merupakan tari yang paling mudah dipelajari sebab tari ini hanyalah dimainkan oleh seorang penari sehingga kekompakan dan juga kesepadanan gerak dengan penari lain tidak di butuhkan di dalamnya.

Tari tunggal ini merupakan salah satu jenis tari yang dalam penyajiannya dibawakan oleh satu orang penari. Tari tunggal juga dapat dibawakan oleh lebih dari satu orang, namun tari ini juga bisa dibawakan secara berpasangan maupun massal. Ada beberapa contoh tari tunggal yang asalnya dari beberapa daerah di negara Indonesia. Adapun beberapa contoh macam-macam tari tunggal tersebut di antaranya ialah tari Gatotkaca Gandrung, tari Panji Semirang, tari Gambir Anom, tari Topeng Kelana, tari Gambyong serta tari Golek Menak. Untuk penjelasan lebih lanjut, silahkan simak satu persatu dibawah ini 

Contoh Tari Tunggal Tari tunggal adalah tari yang dipentaskan oleh satu orang penari saja. Dibandingkan jenis tari berpasangan dan tari kelompok, tari tunggal cenderung lebih mudah dipelajari dan dipentaskan karena unsur kekompakan tidak terlalu diperlukan. Para penarinya hanya berfokus pada gerakannya masing-masing untuk menciptakan wirasa, wirama, dan wiraga yang seindah mungkin..
Ada banyak contoh tari tunggal yang ada dalam budaya tari tradisional Indonesia. Berikut ini contoh-contoh tersebut beserta penjelasannya.

1. Tari Kancet Ledo

Tari kancet ledo sering kali disebut dengan nama tari gong. Dinamai demikian karena tarian yang berasal dari budaya suku dayak Kenyah di Kalimantan Timur ini dipentaskan di atas sebuah gong besar. Saat menari, penarinya menggunakan pakaian adat Kalimantan Timur dan properti berupa bulu burung enggang sambil menginjak sebuah gong. Tari kancet ledo sendiri ditarikan oleh seorang gadis. Tema yang diangkat adalah tentang kehidupan dan sikap seorang gadis dayak yang penuh dengan kelembutan. Kendati termasuk contoh tari tunggal, kancet ledo saat ini kerap juga dipentaskan secara bersama-sama oleh lebih dari 2 penari.
 

2. Tari Jaipong


Jaipong adalah jenis tari tunggal yang asalnya dari daerah jawa barat. Adapun ciri khas gerak tari Jaipong ialah keceriaan, humoris, erotis, semangat, spontanitas dan kesederhanaan alami atau apa adanya. Tari jaipong ini di bawakan dengan iringan musik yang sangat khas yaitu musik degung, musik sejenis gamelan sunga yang terdiri dari alat musik gendang, saron, gong, kecapi dan lainnya. Dan diantaranya alat alat musik tersebut suara kendanglah yang cukup dominan.
 

3. Tari Gandrung

Tari gandrung adalah tari tradisional yang berasal dari budaya masyarakat Banyuwangi, Jawa Timur. Tarian ini dahulunya dipentaskan sebagai bentuk ucapan rasa syukur atas hasil panen yang berlimpah. Ia dipentaskan oleh seorang gadis dengan tabuhan gamelan dan musik pengiring lainnya. Kendati termasuk contoh tari tunggal, ia juga dewasa ini dapat dipentaskan secara berkelompok.
 

4. Tari Srimpi

Tari serimpi adalah tari klasik yang dipopulerkan oleh keraton Kasultanan Mataram sebagai tari sakral saat prosesi pengangkatan sultan menuju tahtanya. Tarian ini termasuk contoh tari tunggal karena hanya dipentaskan oleh satu orang penari, meskipun kini kita juga dapat menemukan pementasannya dilakukan oleh lebih dari 3 orang. Gerakan-gerakan tari serimpi menggambarkan kelemahlembutan wanita Jawa yang khas dengan selendang panjang yang berfungsi sebagai properti tariannya.
Contoh Tari Tunggal

5. Tari Pendet

Tari pendet adalah tari tradisional asal Bali yang diciptakan oleh seorang seniman I Wayan Rindi. Dahulu, tari ini hanya dipentaskan oleh 1 orang penari wanita saja, namun pada perkembangannya ia kini juga dapat dimainkan oleh lebih dari 3 orang penari. Tarian ini berfungsi sebagai tarian selamat datang untuk menyambut tamu agung yang datang ke Bali. Ia sangat populer bahkan bagi masyarakat Internasional karena adanya ciri khas gerakan yaitu gerak mata yang tajam dan mimik wajah penarinya yang memiliki nuansa anggun.
 
 


6. Tari Gatotkaca Gandrung
Yang pertama ialah tari Gatot Kaca Gandrung yang merupakan salah satu contoh tari tunggal yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Tari Gatotkaca Gandrung ini menceritakan tentang seorang ksatria yang ada dalam cerita Ramayana yaitu Gatotkaca, yang tengah dilanda asmara. Tari Gatotkaca Gandrung ini dimainkan oleh seorang penari laki-laki yang biasanya memiliki badan tegap dan menggunakan kostum khas Gatotkaca.
Tari Gatotkaca Gandrung
Tari Gatotkaca Gandrung

7. Tari Gambir Anom
Contoh tari tunggal yang selanjutnya ialah Tari Gambir Anom. Tari Gambir Anom ini merupakan tari yang berasal dari Jawa Tengah dan memang sudah ada sejak zaman kerajaan Mataram Islam. Dalam tarian Gambir Anom ini mengisahkan tentang anak Arjuna yang sedang di mabuk cinta. Tari ini dimainkan oleh seorang pria yang berbusana khusus dengan gaya yang lemah lembut dan selama pementasan tarian ini nantinya akan diiringi musik khas Jawa yang sedikit lebih rancak.
Tari Gambir Anom
Tari Gambir Anom

8. Tari Panji Semirang
Tari Panji Semirang ini adalah tari kreasi baru tradisional Babad Bali yang diciptakan oleh I Nyoman Kaler sekitar tahun 1942. Tarian Panji Semirang ini merupakan salah satu contoh taritunggal klasik yang menceritakan pengembaraan Galuh Candrakirana dalam mencari kekasihnya yaitu Raden Panji Inu Kertapati. Dan dikalangan mancanegara, tari panji semirang ini juga sudah cukup terkenal sekali. Adapun beberapa kali tarian Panji Semirang ini bahkan pernah dipentaskan di festival kesenian yang ada di luar negeri.
Tari Panji Semirang
Tari Panji Semirang

9. Tari Gambyong
Tari gambyong merupakan salah satu jenis tarian tunggal karya seniman kondang S. Maridi yang asalnya dari daerah sekitar Surakarta, Jawa Tengah. Tari Gambyong ini termasuk jenis tari tunggal yang dahulunya hanya dimainkan oleh seorang penari saja. Akan tetapi, pada perkembangannya dewasa ini, tari gambyong ini kerap kali juga dipentaskan dengan cara berkelompok.
Tari Gambyong
Tari Gambyong

10. Tari Topeng Kelana
Tari Topeng Kelana ini di perkirakan sudah ada sejak zaman Kerajaan Singasari dan dianggap merupakan tarian khusus yang dahulunya hanya boleh dimainkan di dalam keraton. Dan sesuai dengan namanya, penari tarian ini tetu akan memakai topeng sebagai media pendukung. Sebab hanyalah dimainkan oleh seorang penari, tari topeng kelana ini dapat di kategorikan sebagai contoh tari tunggal yang berasal dari dari Jawa Barat.
Tari Topeng Kelana
Tari Topeng Kelana

11. Tari Golek Menak
Tari tunggal Golek Menak ini merupakan contoh tari tunggal yang berasal dari daerah Kesultanan Jogjakarta. Tari tunggal golek menak ini diciptakan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang ada di sekitar tahun 1940-an sebab terinspirasi dari pertunjukan seni wayang golek yang disaksikan. Tarian golek menak ini juga merupakan tari yang mempunyai sebutan Beksa Golek Menak dan juga Beksan Menak dan sampai saat ini masih terus dipelajari di beberapa sanggar tari yang ada di Jogja.
Tari Golek Menak
Tari Golek Menak













Baca Juga:

Senjata Tradisional Aceh: Rencong, Siwah, dan Peudeung Beserta Penjelasannya

 
 
 
 
12. Tari Kancet Lasan
Tari tunggal ini menggambarkan kehidupan sehari-hari burung Enggang yang merupakan burung yang dimuliakan oleh suku Dayak Kenyah sebab dianggap sebagai tanda keagungan dan juga kepahlawanan. Tari Kancet Lasan ini adalah tarian tunggal wanita suku dayak kenyah dan dalam membawakannya si penari banyak menggunakan posisi merendah dan berjongkok maupun duduk dengan lutut menyentuh lantai. Adapun tarian ini jauh lebih ditekankan pada gerak-gerak Enggang pada saat terbang melayang dan hinggap bertengger hingga di dahan pohon.
Tari Kancet Lasan
Tari Kancet Lasan

Itulah tadi macam-macam tari tunggal, yang bisa kamu pelajari satu persatu. Indonesia terdiri banyak suku bangsa dan negaranya terdiri dari pulau-pulau sehingga menghasilkan banyak sekali kesenian, salah satunya yaitu seni tari. Tarian tunggal diatas bisa kamu pelajari seorang diri atau secara kelompok.


Penelusuran yang terkait dengan contoh Tari Tunggal
  • contoh tari tunggal berpasangan dan kelompok
  • contoh tari tunggal bebas
  • contoh tari tunggal terikat
  • contoh tari tunggal dari bali
  • sebutkan 4 contoh tari tunggal nusantara
  • contoh tari berpasangan
  • contoh tari tunggal bali lengkap
  • contoh tari kelompok
 

Related Posts

12 Contoh Tari Tunggal Beserta Penjelasannya
4/ 5
Oleh