Selasa, 05 Maret 2019

Senjata Tradisional Papua Barat dan Papua, Tombak Papua,Busur dan Panah, Pisau Belati, Kapak Batu Beserta Penjelasannya

Dalam budaya masyarakat Papua, senjata memegang peran penting bagi kehidupan mereka. senjata berfungsi sebagai alat untuk mempertahankan hidup, baik untuk mendapat hewan buruan, melindungi diri dari musuh, serta berperang melawan kelompok suku lain yang mengganggu daerah kekuasaannya.
Bila kita masuk dan mengenal budaya tradisional Papua, kita akan menemukan adanya 4 senjata yang biasa mereka gunakan sehari-hari. Senjata tradisional papua tersebut adalah Busur dan Panah, Tombak Papua, Pisau Belati, dan Kapak Batu.
Senjata Tradisional Papua


1. Senjata Tradisional Busur dan Panah

Mungkin sebagian dari kita sudah tahu tentang senjata tradisional ini. Busur dan panah memang merupakan senjata utama khas suku-suku yang terdapat di Papua. Senjata digunakan oleh suku-suku di Papua untuk berburu dan berperang.
Busur terbuat dari bahan bambu dan kayu, sedangkan tali busurnya terbuat dari rotan dan untuk anak panahnya terbuat dari tulang kangguru atau kayu. Butuh keahlian khusus dan latihan untuk bisa menggunakan senjata tradisional ini. Karena dibutuhkan konsentrasi penuh agar tembakan anak panah tepat sasaran.


2. Senjata Tradisional Tombak Papua


Selain panah, senjata tradisional Papua yang digunakan untuk serangan jarak jauh adalah tombak. Tombak digunakan untuk berburu dan perang. Ia dibuat dari kayu pada pegangannya dan batu atau tulang tajam sebagai matanya. Seiring perkembangan zaman, di masa kini mata tombak kerap ditemukan terbuat dari logam. Selain itu, modifikasi mata tombak yang beragam seperti pada gambar di bawah ini juga tak jarang dijumpai.
Senjata Tradisional Tombak Papua


3. Senjata Tradisional Pisau Belati


Selain busur, panah dan tombak, Kita mungkin sudah mengenal jenis senjata tradisional ini. namun, tahukah Anda jika pisau belati Papua sangat jauh berbeda dengan pisau belati pada umumnya yang ada di daerah-daerah lain di nusantara. Bila belati pada umumnya dibuat dari bilah logam, bilah belati Papua justru hanya terbuat dari tulang kaki burung kasuari –burung endemik Papua. Tulang kaki burung kasuari dipilih karena mudah dibentuk dan ditajamkan tapi tetap memiliki struktur yang kuat. Pada gagang atau pegangan senjata tradisional Papua ini biasanya juga dilengkapi dengan hiasan bulu burung kasuari atau serat alam.
 
 
 
Senjata Tradisional Pisau Belati berasal dari Papua


4. Senjata Tradisional Kapak Batu


Karena suku di Papua memanfaatkan peralatan dari alam, senjata tradisional selanjutnya juga terbuat dari alam, yaitu kapak batu. Kapak batu ini terbuat dari batu alam yang telah dihaluskan dan dibentuk mata kampak, lalu diberi anyaman dari serat anggrek hutan dan kayu hutan. Kapak ini berfungsi sebagai alat pemotong dan memenggal.Untuk kegiatan bertani atau membuka hutan, masyarakat pedalaman Papua di masa silam memanfaatkan batu-batuan tajam sebagai mata kapak. Batuan tersebut diikat dengan rotan pada sepotong tongkat kayu yang berfungsi sebagai pegangannya. Kendati demikian, jenis senjata tradisional Papua ini mulai punah seiring perkembangan zaman. Hanya kelompok kecil yang hidup terisolir di dalam hutan saja yang masih menggunakannya.
Senjata Tradisional Kapak Batu
Nah, itulah keempat senjata tradisional Papua dan Papua Barat beserta gambar dan penjelasan yang dapat kami sampaikan di kesempatan kali ini. semoga dapat menambah wawasan budaya bagi kita semua. Terakhir, jangan lewatkan pembahasan kami berikutnya tentang senjata tradisional Kalimantan Barat di artikel selanjutnya. Salam.

Related Posts

Senjata Tradisional Papua Barat dan Papua, Tombak Papua,Busur dan Panah, Pisau Belati, Kapak Batu Beserta Penjelasannya
4/ 5
Oleh