Jumat, 01 Maret 2019

10 Contoh Alat Musik Ritmis, Gambar, dan Keterangannya

Secara umum yang dimaksud dengan Alat musik ritmis adalah musik pengiring dan merupakan musik yang dihadirkan dengan ketukan dan irama yang sama ketika bermusik dari awal hingga akhir, jadi alat musik ritmis ini bisa digunakan sebagai pengatur irama ataupun tempo dalam sebuah musik.

Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak menghasilkan nada, bunyinya merupakan bunyi ritmis yang berfungsi untuk mengiringi alunan nada-nada melodis dan harmonis dan mengatur ritme musik. Secara umum, hampir semua alat musik ritmis merupakan jenis alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Berikut ini adalah beberapa contoh alat musik ritmis yang bisa ditemukan dalam pertunjukan seni musik.
Contoh Alat Musik Ritmis
Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak menghasilkan nada, bunyinya merupakan bunyi ritmis yang berfungsi untuk mengiringi alunan nada-nada melodis dan harmonis dan mengatur ritme musik.

1. Alat Musik Drum

Drum merupakan salah satu alat musik modern yang termasuk contoh alat musik ritmis. Dalam pertunjukan festival band, drum selalu ada untuk mengiringi lagu dan nada yang tengah dimainkan. Pemain drum disebut drummer. Alat musik ini dipukul pada bagian membrannya untuk menghasilkan tabuhan nyaring yang meramaikan.
 

2. Alat Musik Kendang

Kendang adalah alat musik tradisional Jawa Tengah yang terbuat dari sebuah tabung bermembran kulit lembu. Kendang kerap dimainkan dalam pertunjukan wayang kulit, campur sari, kuda lumping, jaipong, dan beragam kesenian tradisional lainnya. Tabuhan kendang menghasilkan bunyi-bunyian ritmis yang menyemarakan pertunjukan-pertunjukan seni tersebut.
 

3. Alat Musik Rebana

Rebana adalah semacam kendang berukuran kecil yang kerap dimainkan dalam pertunjukan marawis. Berdasarkan sejarahnya, rebana diperkirakan berasal dari budaya Timur Tengah. Instrumen ini juga termasuk contoh alat musik ritmis karena tidak menghasilkan nada-nada khusus. Seperti halnya alat musik ritmis lainnya, rebana juga dimainkan dengan cara ditepuk atau dipukul di bagian membrannya.

4. Alat Musik Tifa

Tifa adalah sebuah alat musik tradisional Papua yang terbuat dari batangan kayu sebagai tabung suara dan kulit hewan sebagai membrannya. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditepuk. Ia kerap dimainkan dalam pertunjukan tari tradisional Papua, acara-acara adat, dan saat pertunjukan seni tradisional Papua lainnya. Pada tabung kayu instrumen ini, kita dapat melihat beragam ukiran dan aksesoris yang menambah keunikan alat musik ini.
 
 
 
 

5. Alat Musik Triangle

Sesuai dengan namanya alat musik ritmis ini berbentuk segitiga, cara memainkannya dengan mengetuk atau memukul dengan pelan logam segitiga dengan menggunakan stik logam yang telah disediakan. Selain memiliki fungsi sebagai pengatur ritme triangle juga merupakan alat musik ritmis berfungsi untuk merelaksasi pikiran.
 
Contoh Alat Musik Ritmis

6. Alat Musik Tamborin

Tamborin adalah salah satu contoh alat musik ritmis yang cukup populer di Indonesia. Instrumen yang terbuat dari lempengan logam kecil yang disusun bertumpuk ini menghasilkan bunyi ketika diguncangkan. Bunyi yang dihasilkan tamborin biasanya hanya cocok untuk mengiring lagu atau musik yang berirama riang gembira.
 

7. Alat Musik Simbal

Simbal adalah alat musik berupa 2 lempeng logam tipis bundar yang direkatkan. Instrumen ini menghasilkan bunyi ketika lempeng logam tersebut ditepuk menggunakan tangan. Instrumen ini kerap melengkapi drum dan hanya digunakan sesekali saja untuk mengiringi tetabuhan drum.
 

8. Alat Musik Marakas

Marakas merupakan contoh alat musik ritmis yang sangat sederhana. Instrumen ini terbuat dari wadah logam berisi pasir. untuk menghasilkan bunyi ritmis, marakas diguncangkan sesuai dengan ritme dan tabuhan drum. Dalam pertunjukan musik pop, regee, atau jazz, marakas kerap dimainkan oleh para penyanyinya.
Contoh Alat Musik Ritmis

9. Alat Musik Kastanyet

Kastanyet adalah contoh alat musik ritmis yang kerap dimainkan untuk mengiringi lagu dan tarian khas Spanyol. Instrumen ini terbuat dari 2 kepingan kayu berbentuk cekung. Ia dimainkan dengan cara menepuk-nepukan kedua kepingan kayu untuk menghasilkan bunyi ritmis pengiring musik utama.
 

10. Alat Musik Timpani

Timpani adalah alat musik ritmis modern yang terbuat dari fiber cekung dan kulit hewan sebagai membrannya. Membran dipukul menggunakan mallet atau kayu pemukul yang berdiameter 2 cm untuk menghasilkan bunyi. Biasanya dalam sebuah pertunjukan, instrumen ini disediakan seperangkat dengan ukuran diameter yang berbeda-beda.
 

11. Alat Musik Kongo

Gambar Alat Musik Ritmis Kongo
Kongo merupakan alat musik ritmis modern yang berasal dari benua Afrika, dari segi tampilannya kongo hampir mirip dengan gendang. Akan tetapi memiliki perbedaan, bentuk kongo sedikit lebih lonjong, untuk cara memainkan kongo adalah dengan cara dipukul- pukul oleh kedua tangan tanpa menggunakan alat bantu.
 
 

Alat Musik Ritmis Adalah

Musik secara umum terbagi menjadi dua jenis ada yang tradisional yaitu alat musik yang berasal dari daerah atau suku tertentu, dan musik modern yaitu alat musik yang diketahui serta diakui oleh dunia. Kemudian alat musik dalam penggunannya di bagi menjadi dua baik yang musik tradisional maupun musik modern, yaitu alat musik ritmis dan melodis.
Alat musik ritmis ialah alat musik yang akan menghasilkan suatu ritme tertentu dalam musik, ritme -ritme yang dihasilkan tersebut akan menjadi dasar dari melodi yang dibuat oleh alat musik melodik.
Adapun ciri dari alat musik ritmis yaitu tidak seperti musik lainnya musik ritmis ini tidak ada tangga nadanya, alat musik ritmis contohnya seperti drum, rebana, kendang, tifa, kongo dan marakas.

Fungsi Alat Musik Ritmis

Walaupun alat musik ritmis dalam memainkannya tidak menggunakan tangga nada, akan tetapi alat musik ritmis ini memiliki bagian yang sangat penting dalam bermusik. Adapun fungsi alat musik ritmis adalah, sebagai berikut:

1. Membuat Harmonisasi Musik

Hampir semua musik membutuhkan alat musik ritmis untuk menyusun harmonisasinya seperti musik hip- hop, rock dan juga dance. Musik ini akan menjadi kurang enak di dengar jika tidak menambahkan alat musik ritmis didalamnya.
Alat musik ritmis yang dibutuhkan dalam musik rock contohnya adalah drum, drum disini memiliki fungsi selain pengatur bit lagu juga untuk membuat musik terdengar lebih keras dan dapat mengobarkan semangat para pendengarnya.

2. Mengatur Tempo

Setelah dijelaskan mengenai alat musik ritmis beserta namanya, maka anda dapat mengetahui bahwa alat musik ritmis memiliki fungsi untuk mengatur tempo dalam bermusik agar tidak berantakan ketika terjadi perubahan tempo dan membuat dapat membuat harmonisasi nada yang enak di telinga.

3. Untuk Mengiringi Lagu

Alat musik ritmis sebagian besar menjadi alat musik pengiring bagi musik tertentu, dalam hal ini seperti rebana yang mengiringi lagu marawisan ketika perfome akan terdengar sangat jelas suara rebana tersebut.

4. Mengatur Irama Musik

Irama merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah musik atau lagu agar terdengar sangat menyenangkan dan adanya harmonisasi, ketika musik enak di telinga maka akan banyak orang ataupun masyarakat yang akan menyukai lagu tersebut dan dapat menikmati lagu dengan hati yang senang dan gembira.

5. Menjadi Patokan

Ketika anda akan memulai musik maka alat musik ritmislah yang menjadi patokannya, dan ketika lagu masuk pada bagian reff alat musik ritmis akan memberikan sinyal tertentu seperti ketukan yang lebih keras.
Maka akan terjadi harmonisasi antara alat musik satu dengan yang lainnya dan begitupun dengan penyanyi, hal ini untuk meminimalisir resiko terjadinya miskomunikasi antara pemain musik satu dengan yang lainnya.

 

Alat Musik :

    alat musik ritmis, alat musik ritmis adalah, contoh alat musik ritmis, gambar alat musik ritmis, Alat musik, alat musik rit, jenis alat musik ritmis, alat musik ritmik, , alat musik ri
 
 
Nah, itulah ke sepuluh contoh alat musik ritmis beserta gambar dan keterangannya. Setelah membaca lengkap ketiga artikel kami, mulai dari alat musik melodis, alat musik harmonis, dan alat musik ritmis, Anda tentu sudah bisa membedakan ketiga jenis alat musik tersebut bukan? Jika ada pertanyaan, silakan sampaikan di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

Related Posts

10 Contoh Alat Musik Ritmis, Gambar, dan Keterangannya
4/ 5
Oleh