Kamis, 28 Februari 2019

Keunikan Pakaian Adat Bali Yang Harus Kamu Tahu

Keunikan pakaian adat Bali menarik untuk diketahui oleh semua warga Indonesia. Dari mulai pakaian adat Bali untuk wanita dan juga untuk pria serta anak – anak. Bahkan sampai penasaran, banyak turis asing yang menemukan keunikan dari budaya dari provinsi Bali ini. Jika orang asing saja ‘kepo’ dengan budaya Indonesia, kenapa kita yang warga Indonesia tidak? Harusnya jusru lebih ‘kepo’ ya.

Keunikan yang terkandung di dalam pakaian adat Bali sebenarnya dimiliki oleh pakaian adat lain, seperti pakaian adat Aceh dan pakaian adat Betawi. Hal ini bisa disebabkan nilai filosofi, sosial dan budaya sebagai faktor yang melatarbelakanginya. Keunikan pakaian adat Indonesia bisa saja sama dan bisa juga berbeda. Semua itu tidak mengurangi keunikannya, bukan?
Keunikan pakaian adat Bali sejatinya menjadi penambah destinasi wisata tersendiri bagi turis asing. Selain menikmati panorama alam yang menggoda, biasa para turis juga melihat budaya Bali dalam bentuk pakaian. Tak jarang mereka malah mengenakan pakaian daerah Bali dengan membelinya di toko pakaian.

Apa Saja Keunikan Pakaian Adat Bali?

1. Keunikan pada Warna

Keunikan Baju Adat Bali
Baju adat Bali yang warna putih Cintaindonesia.web.id
Kebanyakan pakaian adat bali baik untuk pria ataupun wanita berwarna putih, Bagi masyarakat bali warna putih memiliki filosofi yang melekat yaitu konon katanya melambangkan kesucian.

2. Biji atau Mebija

Bija sebuah keunikan pakaian adat Bali
Bija via jarhindo.com
Menggunakan Bija atau Mebija yang diletakan di kening. Meletakkan Biji atau Mebija saat upacara adat bagi kaum pria dan wanita adalah salah satu dari intrumen adat yang ada dalam budaya masyarakat Bali.
Bija konon adalah budaya dari agama Hindu yang dilestarikan secara turun temurun oleh warga Bali.


Baca Juga:

14 Contoh Alat Musik Harmonis, Gambar, dan Keterangannya



3. Bunga

Bunga Bagian Keunikan Pakaian Adat Bali
Adatnusantara.web.id
Salah satu pelengkap pakaian adat dari bali adalah bunga. Bunga ini biasanya diselipkan ditelinga baik pada pria ataupun wanita. Bunga yang digunakan bukanlah sembarang bunga diantara yang bisa digunakan adalah, bunga cempaka kuning, bunga cempaka putih atau bunga kamboja.

4. Tidak Menggunakan Penutup Bahu

Dalam acara-acara resmi, pakaian adat pria dan wanita biasanya tidak memiliki penutup bahu dan lengan.

5. Melambangkan Filosofi

Seluruh komponen pakaian adat Bali melambangkan filosofi keagamaan, seperti pakaian adat Bali yang berwarna putih (melambangkan kesucian), Kamen yang diikatkan di pinggang melingkar dari kiri ke kanan (melambangkan darma), Pemakaian selendang pada wanita (bermakna wanita Bali haruslah ingat akan ajaran darma dan siap mendidik putra putrinya kelak agar patuh terhadap orang tua), dan lain sebagainya.

Keunikan pada pakaian adat Bali harusnya terus ditambah jumlahnya. Semakin banyak jumlahnya, maka akan menjadi nilai jual untuk mendongkrak wisata di Bali. Kalau Anda mau menambahkan silahkan tulis pada kolom komentar ya.
Disekolah juga harus selalu diajarkan para guru kepada murid supaya terus menggali keunikan budaya Bali. Sedang pada tingkat mahasiswa harus melakukan penelitian.

 Secara Singkat:

Keunikan pakaian adat yang berasal dari Bali adalah:
  1. Pakaian ada untuk pria yang berasal dari Bali memiliki sebuah ciri khas dimana menggunakan sebuah penutup kepala yang dimana berupa udeng, kemudian baju adat tersebut berbentuk seperti jas yang berkerah dan juga dapat menggunakan baju lainnya selama baju tersebut tetap rapih, menggunakan kamen, saput, keris dan juga sejenis selendang.
  2. Pakaian adat untuk wanita sendiri memiliki ciri khas yang dimana mereka akan menggunakan sanggul, memakai kebaya, kamen, bulang pasang, dan menggunakan selendang.
  3. Pada acara yang resmi, penggunaan dari baju adat bali untuk pria dan juga wanita secara umum tidak akan memiliki penutup pada bagian bahu dan juga lengan.

Pembahasan

Indonesia, sebagai sebuah negara yang memiliki berbagai macam baik suku bangsa hingga agama, ras dan juga budaya yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Hal tersebut menyebabkan Indonesia sebagai bangsa yang memiliki keragaman yang tak terhingga, yang dimana kemudian keragaman tersebut akan berbeda-beda dan memiliki keunikanya sendiri. Selain itu, menggunakan pakaian adat sendiri adalah sebagai sebuah bentuk untuk mempertahankan kebudayaan yang ada dan juga melestarikannya, sehingga akan menjadi daya tarik bagi pendatang baik itu wisatawan lokal hingga wisatawan internasional.



Related Posts

Keunikan Pakaian Adat Bali Yang Harus Kamu Tahu
4/ 5
Oleh