Kamis, 28 Februari 2019

12 Contoh Alat Musik Melodis Beserta Gambar ,Penjelasannya dan Cara Memainkannya

Adatnusantara.web.id
Contoh Alat Musik Melodis

Alat musik melodis adalah alat musik yang membunyikan melodi dalam sebuah lagu. Melodi adalah urutan nada do, re, mi, fa, sol, la, dan si yang urutannya dimainkan sesuai irama dari lagu yang diiringi. Ada banyak contoh alat musik melodis yang terdapat dalam dunia seni musik. Sebagian merupakan alat musik tradisional, dan sebagian lain merupakan alat musik modern. Nah, berikut gambar dan penjelasan dari contoh-contoh alat musik melodis tersebut.
 

1. Alat Musik Angklung

Angklung adalah contoh alat musik melodis tradisional yang berasal dari budaya masyarakat Jawa Barat. Alat musik yang terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara digoyang ini menghasilkan nada-nada melodis ketika terjadi benturan antar pipa bambu. Semakin besar dan panjang ukuran pipa bambu, maka semakin kecil nada melodis yang dihasilkannya. Biasanya untuk memainkan susunan nada-nada melodis suatu lagu, angklung dimainkan secara bersama-sama secara bergantian.
 
 
 Dictionary of the Sunda Language karya Jonathan Rigg, yang diterbitkan pada tahun 1862 di Batavia, telah menuliskan bahwa angklung adalah jenis alat musik yang terbuat dari pipa-pipa bambu, yang dipotong ujung-ujungnya, menyerupai pipa-pipa dalam suatu organ, dan diikat bersama dalam suatu bingkai, digetarkan untuk menghasilkan bunyi.

Angklung juga terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak November 2010.

Untuk berbagai jenisnya angklung yang ada di tengah tengah masyarakat angklung dibagi menjadi 15 jenis angklung yang terkenal di dunia ini yaitu : angklung padaeng, angklung sarinande, angklung badeng, angklung buncis, angklung dogdog lojor, angklung badud, angklung bungko, angklung toel, angklung sri murni, angklung kanekas, angklung reog, angklung banyuwangi, angklung bali, dan yang terakhir adalah  angklung gubrag.
 

2. Alat Musik Bonang

Bonang adalah jenis alat musik pukul yang merupakan salah satu instrumen dalam seperangkat gamelan Jawa. Satu buah bonang menghasilkan satu nada tertentu, oleh karenanya, untuk menghasilkan alunan nada melodis, diperlukan seperangkat bonang yang dipukul secara bergantian oleh pemainnya.
 

3. Alat Musik Kecapi

Kecapi merupakan salah satu contoh alat musik melodis yang dimainkan dengan cara dipetik. Satu senar menghasilkan satu nada tertentu saat dipetik oleh pemainnya. Oleh karena itu, untuk menghasilkan alunan nada-nada melodis, alat musik yang diperkirakan berasal dari pengaruh budaya Tionghoa ini disusun dari banyak sekali senar dengan panjang dan ukuran yang berbeda-beda.
 
 Fungsi kecapi tidak hanya pengiring tembang daerah Sunda saja, tetapi alat music kecapi ini juga bisa dimainkan untuk mengiringi berbagai genre lagu lainnya seperti dangdut, pop, religi, dan lain sebagainya.

Karena hadirnya alat musik ini, sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakannya sebagai pengiring lagu Sunda, yang mana dengan adanya tambahan alat musik kecapi ini akan menambah keindahan tarian tersebut.

 Oleh karena itu dengan dipakainya alat kecapi tersebut akan membuat alat musik ini populer di daerah Sunda, jawa Barat. Seperti halnya alat musik sebelumnya, cara membunyikan atau memainkan alat musik ini yaitu dengan cara dipetik. Di masyarakat Indonesia ada dua jenis kecapi yang umumnya dikenal yaitu kecapi siter dan kecapi perahu.

yang dimaksud dengan kecapi perahu adalah sebuah kecapi yang terbuat dari suatu kotak resonansi yang bagian bawahnya diberi lubang resonansi untuk memungkinkan keluarnya suara. Sisi-sisi dari kecapi ini dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk perahu. Pada zaman dahulu, kecapi kapal ini dibuat langsung dari sebuah bongkahan kayu dengan cara memahatnya.

Sedangkan kecapi siter merupakan kotak resonansi dengan bidang rata yang sejajar. Kecapi siter ini memiliki struktur yang serupa dengan kecapi perahu, bedanya hanya pada lubang dimana pada kecapi perahu ini ditempatkan pada bagian bawah. Sedangkan pada sisi bagian atas dan bawahnya membentuk trapesium.
 

4. Alat Musik Seruling

Suling bambu adalah alat musik tradisional Jawa Barat yang juga merupakan contoh alat musik melodis. Alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup ini menghasilkan nada-nada melodis yang berbeda ketika lubang udara pada tangkainya ditutup dan dibuka.
 

5. Alat Musik Sasando

Masyarakat Rote di Nusa Tenggara Timur memiliki alat musik tradisional  yang bernama Sasando. Sasando adalah sebuah instrumen yang terbuat dari daun lontar dan tabung berongga di bagian tengahnya. Pada bagian luar tabung terdapat susunan senar-senar dengan ukuran berbeda yang menghasilkan nada-nada melodis saat dipetik. Oleh karenanya, alat musik tradisional NTT ini juga termasuk contoh alat musik melodis.
 
Sejak zaman dahulu abad ke 7 Masehi orang-orang Rote sendiri telah memakai alat music sasando ini. Alat musik ini fungsinya hampir sama dengan alat musik petik yang lainnya.

Salah satunya adalah sebagai pengiring tarian saat ada kegiatan di masyarakat sekitar. Suara yang dihasilkan dari alat musik ini tidaklah sama antara petikan senar maupun petikan dawai.

Terdapat tiga jenis sasando yang biasa dikenal kebanyakan orang, yaitu sasando biola, sasando gong, dan sasando elektrik. Dari masing masing jenis sasando tersebut memiliki cara main yang berbeda beda.
 

6. Alat Musik Mandolin

Mandolin adalah alat musik modern yang ditemukan seorang seniman berkebangsaan Italia bernama Mandore. Alat musik melodis ini memiliki 8 buah dawai yang menghasilkan nada-nada tertentu saat dipetik. Di Indonesia, instrumen ini cukup populer digunakan untuk mengiringi lagu-lagu daerah khas Melayu.

Mandolin merupakan alat musik yang dapat dimainkan dengan cara dipetik sama halnya dengan cara memainkan gitar. Perbedaan mandolin dengan gitar adalah berbeda jumlah senarnya. Pada mandolin jumlah senarnya lebih banyak dari pada senar pada gitar.

Fungsi dari mandolin sendiri sangat banyak. Mulai dari mengiringi tarian rudat, mengiringi berbagai macam tarian lagu tradisional, bahkan alat musik mandolin ini juga memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu dapat dikombinasikan dengan berbagai macam alat musik yang lainnya. Awal mula munculnya alat musik ini adalah ada seorang soprano kecapi dari Negara Italia yang bernama Mandore.
 
Contoh Alat Musik Melodis
Budayanusantara.web.id

7. Alat Musik Gitar

Gitar juga termasuk contoh alat musik melodis. Instrumen yang disusun dari beberapa senar dengan diameter berbeda ini menghasilkan tangga nada tertentu ketika senar ditekan dan dipetik. Banyak sejarahwan yang memperkirakan bahwa gitar telah ada semenjak zaman Babilonia. Namun, ia baru populer setelah seorang seniman bernama Alonso Mudarra menyempurnakan bentuk dan cara memainkannya. Saat ini, secara umum gitar ada 2 jenis, yaitu gitar elektrik dan gitar akustik.
 

8. Alat Musik Pianika

Pianika adalah alat musik tiup dan tekan yang juga termasuk contoh alat musik melodis. Alat musik ini memiliki sistem kerja yang serupa dengan harmonika. Hanya saja, terdapat bilah-bilah keyboard yang juga dapat mengatur jenis dan tinggi nada yang dihasilkan. Namun, secara umum, pipa lentur pada instrumen ini selalu digunakan untuk mengalirkan udara dari mulut pemainnya.
 
Pianika pada umumnya dimainkan dengan ditiup secara langsung, atau bisa juga ditiup memakai pipa lentur berwarna putih yang dihubungkan ke mulut seorang peniup. Biasanya pianika dimainkan oleh anak anak sekolah dan di sebagai alat pendidikan di sekolah.
Pianika masuk dalam golongan alat musik tiup. Untuk bermain alat musik pianika Anda dapat menggunakannya untuk memainkan berbagai melodi pokok, kontra melodi, dan bila memungkinkan pianika dapat juga digunakan untuk mengiringi lagu-lagu.
Didalam pianika terdapat dua tuts yang memiliki kegunaan masing masing yaitu, tuts putih digunakan untuk memainkan nada–nada pokok atau asli. Sedangkan kalau tuts hitam digunakan untuk memainkan nada–nada kromatis.

Untuk memainkan alat musik pianika ini dapat Anda lakukan seperti berikut, pianika dipegang dengan tangan kiri dan untuk tangan kanan berguna untuk menekan tuts pianika dengan tujuan Anda dapat  memainkan berbagai macam melodi lagu, sedangkan untuk mulut bertugas meniupnya. 

Dibawah ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam bermain alat musik pianika, diantaranya adalah :
  • Pianika dimainkan dengan lima jari, untuk setiap jari mempunyai tugas untuk menekan tuts–tuts tertentu.
  • Dalam meniup pianika harus diusahakan dengan halus dan rata.
  • Untuk bentuk tangan kanan posisikan seperti halnya Anda memegang bola, sehingga memungkinkan untuk jari bergerak dengan leluasa.
 
 

9. Alat Musik Akordeon

Akordeon adalah contoh alat musik melodis yang sering dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu melayu di Nusantara. Menurut sejarahnya, alat musik ini ditemukan oleh seniman berkebangsaan Jerman, yakni Christian Fried di tahun 1822. Sejak saat itu, akordeon terus diperkenalkan hingga populer sebagai alat musik khas Melayu. Saat ini, kita dapat menemukan akordeon dalam 4 bentuk, yaitu akordeon diantonis, akordeon berwarna, akordeon concertinas, dan akordeon piano.
 

10. Alat Musik Piano

Piano adalah alat musik modern yang dimainkan dengan cara ditekan. Tuts-tuts pada piano menghasilkan nada-nada melodis yang indah untuk mengiringi alunan sebuah lagu. Berdasarkan sejarah, alat musik ini diciptakan oleh seniman berkebangsaan Italia bernama Bartolomeo Cristofori di tahun 1720.
Contoh Alat Musik Melodis
Cintaindonesia.web.id

11. Alat Musik Biola

Contoh alat musik melodis selanjutnya adalah biola. Instrumen yang dimainkan dengan cara digesek ini menghasilkan nada-nada tertentu ketika dawainya bergetar. Berdasarkan sejarahnya, biola berasal dari budaya Bangsa Spanyol dan Mauris abad ke 8 M. Hingga kini, alat musik ini telah mengalami banyak pembaruan sehingga kita dapat menemukan beragam jenis biola berdasarkan ukuran dan nada yang dihasilkan seperti biola kecil, biola sedang, biola besar, dan biola bass.
 

12. Alat Musik Harmonika

Dan yang terakhir adalah harmonika. Alat musik yang diperkirakan berasal dari budaya Tionghoa ini menghasilkan nada-nada melodis ketika ditiup atau dihisap. Lubang-lubang harmonika memiliki plat dengan panjang yang berbeda sehingga menghasilkan nada-nada yang berbeda pula ketika bergetar karena tiupan.
 
Harmonika sudah dipakai semenjak kekaisaran Nyu-Kwa atau tepatnya 5 abad yang lalu. Berdasarkan jenisnya harmonika dibagi menjadi 5 jenis harmonika yang ada di dunia ini yaitu : tremolo, chord, diatonic, kromatik, bass.
 
 
Nah, itulah ke 12 contoh alat musik melodis beserta gambar dan keterangannya. Perlu diketahui bahwa hampir semua alat musik melodis sebetulnya juga dapat menghasilkan nada-nada harmonis, tergantung dari bagaimana cara memainkannya.
 

Related Posts

12 Contoh Alat Musik Melodis Beserta Gambar ,Penjelasannya dan Cara Memainkannya
4/ 5
Oleh